Rabu, 29 Agustus 2012

Strategi Marketing

Strategi Marketing

1. Segmentasi 
 a. Pertama menentukan segmentasi pelanggan. 
    Pelanggan yang akan menjadi target pemasaran terbagi menjadi kelas atas , menengah dan bawah. Pemilihan pelanggan kelas atas,menengah dan bawah akan mempengaruhi tempat lokasi dan produk yang akan dijual. Pemilihan segmentasi pelanggan tersebut masih dalam ruang lingkup besar. Terdapat segmentasi pelanggan yang lebih kecil seperti kategori umur, jenis kelamin, komunitas tertentu dll.
 b. Kedua menentukan segmentasi produk.
    Setelah melakukan pemilihan segmentasi pelanggan,maka selanjutnya pemilihan produk yang akan dipasarkan. Jika target adalah kalangan atas, maka produk yang akan dilempar ke pasaran harus lah produk yang ber-mrek,berkualitas, dan mahal tentunya. Sebaliknya jika target nya kalangan bawah , maka prioritas pertama adalah harga murah dan kemudian kualitas dan brand mrek.
 c. Ketiga menentukan profil pelanggan.
   Trend pasar dan perubahan perilaku konsumen akan berubah sewaktu-waktu, sehingga setiap tahun/semester perlu diadakan evaluasi terhadap tren pasar yang terus berkembang yang dimana akan mempengaruhi model/isi/kebutuhan produk tersebut.

2. Target
 a. Pertama menentukan lokasi penjualan.
    Setelah melakukan segmentasi , selanjutnya dari segmentasi tersebut dipilih letak lokasi penjualan . Jika mengincar kalangan menengah atas maka mall besar lah tempat yang cocok , jika untuk kalangan menengah ke bawah maka mall kecil maupun pasar tradisional tempat yang cocok, begitupun jika target untuk kalangan mahasiswa maka daerah kampus tempat yang cocok.
 b. Kedua menentukan target penjualan.
    Kemudian dtentukan produk yang akan terjual setiap bulannya dan rencana peningkatan penjualan 1 tahun kedepan. Lebih bagus jika dibuat dalam timeline 1 tahun ke depan secara detail.Sehingga berdasarkan timeline tersebut, kita bisa mengevaluasi hasil penjualan setiap bulan.  

3. Positioning
    Positioning merupakan merubah pola pikir konsumen terhadap produk. Perubahan tersebut berupa brand image seperti nama , motto , kemasan, dll. Ciptakanlah nama produk dan motto yang unik, karena itu merupakan hal dasar yang sangat penting. Sedangkan untuk meningkatkan brand nama dapat dilakukan dengan iklan di berbagai media, promosi-promosi menarik , diskon , paket harga murah , bekerjasama dengan pihak lain dan lain-lainya.