Senin, 21 Mei 2012

PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA

 

Perkembangan teknologi dari 2 dasawarsa terkhir ini berkembang dengan sangat pesat , ini dibuktikan dengan munculnya teknologi terbaru seperti Handphone , komputer , Kamera dan lain-lain.  Dengan munculnya teknologi-teknologi terbaru tersebut , kita sebagai salah satu pengguna teknologi harus bisa menggunakan teknologi ini dengan sebaik mungkin.Diantaranya dengan menggunakan teknologi tersebut untuk ikut mendukung melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia.  Berikut , beberapa cara penggunaan teknologi untuk melestarikan budaya Indonesia yaitu :
1.      Handphone
Hampir semua orang memiliki handphone . Dari anak kecil hingga orang dewasa dan tua. Ini merupakan sebuah peluang besar buat kita semua untuk memaksimalkan teknologi ini. Misalnya bagi pemilik HP Blackberry , para pengguna dapat menggunakan BBM Broadcast untuk menyampaikan pesan dukungan melestarikan budaya , mengubah foto dan status mendukung pelestarian budaya pada BBM , mengubah Wallpaper handphone menjadi gambar batik , dan banyak lainnya.
2.      Komputer
Sama halnya dengan handphone, komputer kini telah menjadi salah satu teknologi yang banyak dimiliki orang. Contoh dukungan pelestarian budaya pada teknologi ini diantaranya ketika kita menggunakan komputer ini untuk berinternet memainkan Facebook dan Twitter , dari FB dan twitter ini kita dapat mempublikasikan dukungan pelestarian budaya.
3.      Kamera
Kebudayaan tidak akan jauh dari Seni Gambar dan lukis. Sehingga kamera ini dapat digunakan untuk mempublikasikan dan mendokumentasikan gambar-gambar bernilai kebudayaan , yang dimana foto-foto tersebut bisa digunakan untuk perlombaan , acara-cara kebudayaan , dan lainnya.

Demikian beberapa contoh pemanfaatan teknologi untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia, semoga teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat dengan baik . Sehingga pada akhirnya budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia dapat terjaga citra nya dan semakin banyak orang yang menghargai dan menghormati budaya luhur bangsa Indonesia. .
Terima kasih … 
“AYO dukung budaya leluhur bangsa Indonesia, Kalau bukan kita, sapa lagi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar